Menjadi Pemenang saat Ujian Nasional 2012

Bagi adik adik yang esok akan memasuki masa Ujian Nasional, berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan agar sukses saat UN besok :

1. Istirahat yang cukup
malam hari menjelang UN mungkin anda akan sedikit galau,ingin belajar extra keras bahkan sampai bergadang. sebaiknya hal hal tersebut tidak perlu dilakukan. tubuh anda secara keseluruhan membutuhkan ketenangan dn relaxasi. berusahalah tidur sebelum jam 8 dan bangunlah jam 4pagi untuk memulai pemanasan ringan sebelum mengerjakan soal UN jam 8 pagi nanti.

2. Antisipasi hambatan teknis
Beberapa hambatan teknis yang harus diantisipasi saat UN antara lain : pensil patah or gak runcing, keringat berlebih, meja yang tdk rata. karena itu sebaiknya siapkan pensil cadangan, tissue untuk menyeka keringat pada tangan, serutan pensil dan penghapus yang bersih.

3. Dateng on time, and selawww……
datang ke ruang ujian dengan membawa setumpuk buku hampir tidak berguna sama sekali. sbaiknya anda tidak perlu membawa buku materi apapun, apalagi membacanya menjelang masuk ruangan. Itu cuma akan membuat anda makin stress dan khawatir, coz anda akan menemukan materi materi yang belum anda kuasai. akibatnya anda nervous, bahkan bisa bisa anda mendadak blank. sia sialah seluruh persiapan. smart people ga bakal belajar di depan ruang ujian. masa masa menjang masuk ruangan sebaiknya anda manfaatkan untuk menenangkan diri. manfaatkan dengan ngobrol yg ringan ringan tentang cita cita dan rencana masadepan akan membangun kepercayaan diri anda dan mempersiapkan otak anda dalam stage yang baik untuk ujian.

4. Kendalikan para cheater
Menjelang UN anda mungkin akan bertemu dengan 2 jenis cheater yang bakal merusak anda secara slow but sure.
a. Cheater kategori #1
Cheater kategori 1 adalah orang2 yang suggest anda untuk cheating. mereka bisa saja teman anda, para calo kunci jawaban, bahkan di dunia yg edan ini bisa saja guru dan orang tua anda merekomendasikan anda untuk cheating. tidak jarang mereka bahkan memberikan seluruh jawaban ke tangan anda secara instan dan gratis dngan alasan demi masa depan kamu. Untuk cheater model ini sbaiknya anda tolak mentah mentah. jika mereka memaksa, sampaikan terimakasih, dan buang saja jawaban itu. tidak perlu dibaca apalagi dibandingkan. Kunci jawaban yang beredar biasanya tidak seluruhnya benar. karena kalo benar semua justru akan mencurigakan.

b. cheater kategori #2
cheater di kategori ini adalah orang orang yang merasa rendah kemampuan. sebenarnya mungkin mereka bukan bodoh atau gak ngerti. banyak dari mereka juga terkadang orang pinter lho, tapi mereka merasa rendah kemampuan, nggak PD dan kemudian hubungi kamu untuk ajak kamu saling bantu saat ujian nanti. biasanya janji manis yang mereka obral adalah “ntar kalo saya tau sy kasih….tp kl kamu tau jgn pelit ya?”. orang kayak gini pada hakikatnya sudah gagal sebelum ujian. tips dari saya, jika mereka meminta jawaban, gak usah dikasih jawaban yg sebenarnya, dan sat mereka “sok pintar” memberi jawaban, say thank you dan lupakan saja.

jangan sia siakan kesmpatan penentu nasib ini dengan pengacau2 yang nggak pasti.

saat semua yang terbaik sudah dilakukan dan anda tetep juga nggak lulus, setidaknya anda lebih puas dan bangga, dan gak perlu nyalahin orang lain. dan jika ternyata akhirnya anda lulus, sujud syukur anda akan lebih membanggakan dan anda baru saja membuktikan Tuhan anda benar benar mampu membela anda di UN.

at last….
selamat berjuang. doaku anda yang jujur, yang sportif, yang mengandalkan Tuhan akan dibela Nya sampai lulus…dan itu PASTI yang terbaik. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *