Mekanisme Ujian Nasional Propinsi Banten – Jawaban dari kegalauan hati

Dear Teman-teman seperjuangan,

Para pendidik, pemerhati pendidikan, dan Siswa-siswi kebanggaanku,

Berikut ini adalah kabar gembira yang sementara ini dapat menjadi “Obat” bagi kegalauan hati dalam menghadapi Ujian Nasional (UN)

Sore tadi, saya menerima Email dari seorang guru, dan dalam emailnya tersebut, ada terlampir sebuah file Power Point terkait mekanisme teknis penyelenggaraan UN di Propinsi Banten.

File ini ternyata RESMI. Secara garis besar, Pembagian Paket Soal pada tempat duduk ternyata akan BERBEDA pada setiap mata pelajaran. Setidaknya, ini “Upaya Cerdas” dalam mensiasati culasnya skenario “SETTING PAKET SOAL” dalam pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah dirancang oleh beberapa sekolah.

Hal lain yang saya nilai “canggih” dalam menyiasati aksi nakal ketika UN berlangsung adalah, amplop LJUN akan disegel oleh pengawas di dalam ruang ujian. Seharusnya, ini efektif untuk membiarkan UN berjalan secara kodrati, bebas kecurangan.

File yang saya maksudkan dapat diunduh di sini (4shared) atau di sini (Google Docs). Silahkan di klik sajah yah dan silahkan dipelajari, atau bisa dijadikan alasan untuk berargumen jika masih ada sekolah yang ngeyel untuk “ngatur dewek”.

Doaku bagi pelaksanaan UN ini sederhana :

“Kiranya UN dan segala hal yang menjadi dampak atasnya, tidak dijadikan ALASAN untuk MENGHALALKAN upaya-upaya MEMBUNUH karakter anak bangsa dengan membiarkan, menganggap biasa, bahkan merancangkan KECURANGAN”.

 

Mari kita berikan para CALON PEMIMPIN ini kesempatan untuk menyelesaikan pertandingan mereka dengan JUJUR dan membanggakan.

Buat Pak Guru yang sudah mengirimkan email, Terimakasih banyak ya pak ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *