UAS Statistika Terapan

Bapak Ibu mahasiswa TPM A Undip (universitas Di Pakupatan ^_^), berikut ini beberapa tips yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu mempermudah mengerjakan ugas matakuliah Statistika terapan.

1. Melakukan Querry Data

Dalam melakukan querry data dari aplikasi PAMER (yang diberikan oleh pak Yayat), coba gunakan Nitro PDF Creator atau Primo PDF, atau Cute PDF, atau DoPDF. (Silahkan klik link nya untuk mendownload). Aplikasi ini akan terinstal sebagai sebuah printer di komputer anda. Sebelum menjalankan querry data dari PAMER, pastikan printer virtual pembuat PDF nya disetting sebagai default printer. Karena aplikasi PAMER merujuk langsung ke printer yang default.

2. Mengkonvert Data

Setelah data tersebut terenkripsi menjadi PDF, anda harus mengubah file tersebut menjadi file Microsoft Excel. Ada banyak tools yang bisa anda download di internet, yang saya paling suka adalah AnyBizSoft Pdf Converter. Silahkan instal dan coba.

Oh ya, file tersebut masih bentuk trial dan meminta anda registrasi. Gak usah panik, anda cukup unduh cracknya. COppy semua hasil unduhan anda dalam folder instalasi Anybizsoft anda (biasanya ada di C:/program Files/AnyBizSoft ).

3. Unmerge, Sort, Copy selagi hangat…..

Setelah dikonversi menjadi file .xls, selanjutnya anda tinggal buka file tersebut, dan coppy data yang dibutuhkan ke dalam aplikasi lain (bisa Microsoft Excel, atau SPSS). Biasanya, file xls hasil konversi mengandung merged colom. Sebaiknya anda lakukan dulu unmerge di setiap sheet sebelum di sort dan copy sesuai kebutuhan.

Sekian tutorial dari saya. untuk menghemat waktu saya tidak menggunakan snapshot file. tapi jika ada teman-teman yang mengalami masalah, silahkan di comment saja tulisan ini, nanti kita discuss sama-sama yah.

4 thoughts on “UAS Statistika Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *